Pesta perkawinan Jaya dan Yuli, pesta perkawinan Cina Benteng

pernikahan cina benteng
Petunjuk terakhir sebelum upacara pernikahan

Satu hari setelah Natal tahun 2011, di sebuah desa bernama Jawaringan nun di pelosok Tangerang, Jaya dan Yuli melakukan ritual Chio Tao. Inilah puncak dari rangkaian ritual perkawinan Cina Benteng. Karena beberapa hal, ritual untuk mempelai wanita dilakukan dirumah mempelai pria. Untuk beberapa saat, kediaman Jaya dianggap sebagai tempat tinggal Yuli.

Pernikahan, dalam tradisi Cina Benteng, sudah resmi jika kedua pihak sepakat untuk menjadi suami istri. Tidak diperlukan pihak ketiga, pemuka agama ataupun anggota keluarga lain untuk mensahkan. Tapi  hukum di Indonesia mengharuskan pengesahan oleh pihak ketiga, itupun hanya terbatas untuk penganut “agama resmi”. Karena itu meski sudah menjadi suami istri, biasanya dilakukan lagi ritual pernikahan versi “resmi”.

Upacara pernikahan sendiri berjalan dengan lancar, Chio Tao paling lancar yang pernah saya lihat. Jaya, atau Oen Tjan Haw, dan Yuli terlihat sudah tahu apa yang harus mereka lakukan. Ini tidak lepas dari peran Oen Tjoan Yan, ayah Jaya. Oen Tjoan Yan adalah satu dari sedikit orang yang berusaha melestarikan adat istiadat Cina Benteng.

pengantin-cina-benteng
Mempelai pria dengan calon mertua

Saat pertama datang kerumahnya, sehari sebelum pernikahan, Oen Tjoan Yan menyambut dengan ramah Beberapa foto leluhur terpasang diruang tamu. Sedang meja abu ada diruang keluarga. Ternyata itu meja abu keluarga istrinya, sedang meja abu keluarga Oen sendiri ada dirumah keluarga di Cukang Galih.

Saat itu seluruh keluarga sedang menyiapkan makanan untuk kelengkapan upacara esok hari. Tjoan Yan sempat menerangkan makna makanan2 yang disiapkan.

Keesokan harinya saat pesta berlangsung meriah. Ada hiburan gambang kromong. Sekitar jam 3 sore langit mendadak penuh awan hitam. Kalau hujan turun, pesta akan terhenti.Beliau menyalakan beberapa batang hio dan berdoa. Saat saya pulang sore harinya, langit masih penuh awan hitam. Tapi tidak ada setetes air yang jatuh.

Selamat buat Jaya dan Yuli !.

Altar cina benteng
Oen Tjoan Yan berdoa di depan altar leluhur, agar hujan tidak menggangu pesta
pengantin-cina-benteng
Mempelai pria dengan calon mertua
mempelai-cina-benteng
Kedatangan mempelai wanita

 

mempelai wanita dan orang tuanya
Menuju upacara utama

 

masakan-cina-benteng
12 macam menu upacara pernikahan

 

pernikahan cina benteng
Petunjuk terakhir sebelum upacara pernikahan

 

 

akhir upacara chio tao di tangerang
Salam dari pengantin wanita usai upacara chio tao

3 tanggapan untuk “Pesta perkawinan Jaya dan Yuli, pesta perkawinan Cina Benteng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s